Minggu, 08 Januari 2017

Tips Memilih Mesin Jahit Untuk Pemula


Buat yang baru belajar jahit atau yang baru punya keinginan belajar jahit,   sudah waktunya untuk berencana memiliki mesin jahit. Kenapa? Karena mesin jahit itu adalah alat utama buat siapa saja yang ingin menekuni dunia jahit menjahit.

Nah buat pemula, banyak yang bingung mau membeli mesin jahit yang seperti apa? Berikut ini ada beberapa tips bagi pwmula kalau mau membeli mesin jahit.

1. Lihat harga dan budget yang dimiliki.
Harga mesin jahit memang beragam. Ada yang murah gak sampai satu juta dan ada yang mahal dengan kisaran di atas 3 juta.  Tentu saja masing-masing merk mesin jahit akan menawarkan harga yang berbeda.
Jadi kalau mau beli mesin jahit lebih baik cari tahu soal harga dan spesifikasinya baru kemudian sesuaikan dengan budget yang kita punya. Karena kalau kita membeli mesin jahit asal kurah bisa jadi malahan dapat mesin jahit bekas yang sebentar sebentar rusak. Kalau sudah begini mood menjahit pasti akan hilang juga.
Nah kalau ternyata budget yang kita punya belum bisa untuk membeli secara cash, maka kita bisa kok membeli mesin jahit dengan cara kredit. Sekarang banyak lho dealer mesin jahit yang menawarkan pembelian dengan kartu kredit dengan cician bunga 0% alias tanpa bunga.

2. Beli yang baru
Sebenarnya gak ada larangan juga sih untuk memveli mesin jahit bekas. Tapi yang namanya mesin itu kan barang elektronik, jadi yang namanya barang elektronik itu semakin lama dipakai maka kualitasnya akan menurun.  Nah daripada pemakaian mesin jahit bekas ajan menurunkan mood kita dalam berkreasi, maka lebih baik kita membeli yang baru.
Nah buat pemula, mesin jahit Brother GS 2500 yang baru harganya gak begitu mahal kok, sekitar Rp 2 jutaan. 

3. Pilih merk mesin jahit yang punya service centre
Ini hal yang sangat penting yang perlu dipertimbangkan kalau mau beli mesin jahit. Harga murah gak akan ada artinya kalau saat mesin jahit rusak kita sulit untuk mencari tempat service resmi. Kenapa harus service centre resmi dari merk yang kita beli? 
Service di tempat resmi dari suatu merk akan menjamin kalau misalnya spare part harus diganti maka akan diganti dengan yang asli. Lagi pula kalau service centre resmi itu sudah terbiasa dengan segala penyakit yang biasa dialami sama si mesin jahit itu sendiri, jadi gak mungkinlah salah diagnosa apalagi mengira ngira.
Nah kalau kita datang ke service yang tidak resmi, bisa saja sih, tapi kita harus berhadapan dengan imu keberuntungan. Jadi kalau beruntung kita dapat tukang service yang baik dan mesin jahit kita bisa menjadi lebih baik. Kalau kurang beruntung maka mesin jahit kita akan tambah rusak dan harus beli yang baru. 

4. Buku petunjuk itu penting 
Ini gunanya kita membeli mesin jahit baru, karena biasanya kalau mesin jahit baru itu disertai dengan buku petunjuk. Lebih bagus lagi kalau ada dvd nya jadi kita bisa melihat langsung tayangannya. Nah kalau kita beli mesin jahit Brother maka di dalamnya ada buku petunjuk sama dvd nya juga. 
Malahan nih kemaren waktu beli mesin jahit Brother GS 2500, si mas yang antar dari dealernya ngajarin dulu cara memakai mesin jahitnya. Dari mulai cara pasang benang, ngatur kerapatan jahitan, sampai cara membersihkan mesin kalau sudah banyak debu atau kototan benang di dalamnya. 

5. Pilih mesin jahit dengan fitur yang diperlukan. 
Buat pemula, mungkin belum banyak fitur yang diperlukan karena kebanyakan akan menjahit yang lurus lurus saja. Tapi toh kalau bisa dipakai lama sampai yang tadinya pemula jadi mahir juga. 
Nah supaya bisa berkreasi dengan jahitan kita, maka penting juga nih punya mesin jahit yang ada banyak variasi jahitan. Apalagi kalau sekalian ada lubang jahitan lubang kancingnya. Mesin jahit Brother GS 2500 memiliki 25 jenis jahitan termasuk 4 macam jahitan lubang kancing. 

6. Garansi
Memilih mesin jahit yang memberikan garansi menunjukkan kalau si produsen mesin jahit ini sangat peduli pada kualitas ptoduknya. Garansi juga membuat kita tenang dalam memakai mesin jahit. Karena biasanya produsen yang memberikan garansi akan lebih suka kalau produknya tidak rusak selama masa garansi. 

7. Pilih yang memiliki pencahayaan 
Kualitas jahitan itu penting. Gimana kita akan mendapatkan jahitan lurus yang bagus kalau cahaya yang menerangi saat kita menjahit hanya pas pasan. Atau pada saat kita memasukkan benang ke dalam lubang jarum jahit, pasti sulit kan kalau gak ada cahaya yang terang.  Itu sebabnya kita perlu penerangan yang baik saat menjahit. 
Jadi penting sekali kita memilih mesin jahit yang juga dilengkapi dengan lampu. Nah kalau mesin jahit Brother itu di bagian atas area jahit itu ada lampu LED, jadi kita bisa mengontrol jahitan dengan baik dan emmasukkan benang dengan mudah. Apalagi mesin jahit Brother ini filengkapi dengan alat memasukkan benang ke dalam lubang jarum secara otomatis, jadi kita gak perclu repot repot meminta bantuan anak atau pakae alat bantu mata nenek untuk memasukkan benang. 

1 komentar:

  1. Hasyeeek... makasih petunjuknya Mak. Rencana pengen beli mesin jahit, buat belajar sendiri di rumah, targetnya tahun depan mesti udah bisa bikin baju lebaran sendiri.

    BalasHapus