Sabtu, 28 Maret 2015

Membuat Bando Bunga dari Bahan Stoking


Stoking banyak digunakan oleh wanita sebagai pelengkap fashion yaitu sebagai pengganti kaos kaki. Sayangnya stoking ini sangat mudah sobek. Kalau sudah begitu, stoking sudah tidak bisa lagi digunakan.

Stoking memang sangat mudah rusak. Sedikit saja berlubang sudah tidak pantas untuk digunakan sebagai penutup kaki. Namun kita bisa menggunakan stoking bekas namun masih banyak bagian yang bagus untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

Jadi jangan dulu buang stoking yang sudah sobek atau rusak. Stoking rusak ini bisa dimanfaatkan untuk membuat bunga yang bisa dijadikan sebagai asesoris yang cantik. 

Bando bunga-bunga ini cocok digunakan anak-anak untuk acara pesta. Bunga-bunga yang dipakai dibuat dari bahan stoking. warna-warni bahan stoking sangat mendukung untuk dibuat bunga-bunga yang cantik. 

Cara Membuat 

1) Ambil paralon dengan diameter sekitar 2 cm. Lingkarkan kawat bunga pada paralon. Pelintir kawat untuk mengunci kawat agar membentuk lingkaran sebesar paralon. Potong sisa kawat dengan tang. 

2) Lepaskan kawat dari paralon. 

3) Buat sebanyak mungkin sesuai dengan yang kita perlukan. Untuk satu buah bunga diperlukan 4-5 lingkaran kawat yang akan digunakan sebagai kelopak. 

4) Bungkus kawat dnegan kain stoking. Pada saat membungkus tarik kain stoking hingga bentuknya sesuai dnegan lingkaran kawat. Ikat bagian bawahnya dnegan menggunakan benang jahit. 

5) Ambil benang sari sebanyak 1-2 buah, lekuk menjadi dua.  
6) Ikat benang sari pada sebuah kelopak bunga dengan menggunakan benang jahit. 

7) Ikat kelopak satu persatu dengan benang jahit yang sama hingga keempat kelopak tergabung menjadi satu. 

8) Dengan menggunakan dua jari, tekan bagian ujung kelopak bunga hingga bentuknya meruncing di ujung. Lakukan hal yang sama pada semua kelopak bunga. 

9) Bungkus kawat yang tersisa dibawahnya dnegan fluorotip agar nampak rapi. 

10) Ambil bando polos, bungkus bagian ujungnya dengan cara melilitkan pita kain. Lapisi bando dengan pita hingga ¼ bagian bando. 

11) Ambil satu buah bunga dan satukan dengan bando. Lilitkan pita hingga membungkus bando dan tangkai bunga secara bersama-sama. 

12) Lakukan hal yang sama pada semua bunga sesuai dengan kreasi yang kita inginkan

Untuk lebih jelasnya bisa melihat video berikut ini : 

2 komentar: