Selasa, 19 November 2013

Apa itu Kriya ?


Selama ini orang lebih mengenalnya dengan nama Craft. Kriya merupakan kegiatan seni yang menitik beratkan pada ketrampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di sekitar kita menjadi benda-benda yang mempunyai nilai pakai serta nilai estetis (Wikipedia). 

Ukiran Batu "Batari Durga" 

Kriya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata "Kr" yang artinya "mengerjakan". Dari kata tersebut keudian berkembang artinya menjadi karya. kriya, kerja. Jadi kriya bisa juga berarti mengerjakan sesuatu yang menghasilkan benda bernilai seni. 

Sejak dulu masyarakat Indonesia sudah mengenal seni Kriya. Lihat saja bukti-bukti kriya yang sudah ditekuni sejak jaman dulu oleh masyarakat Indonesia seperti misalnya keris, wayang, kain tenun, patung dan masih banyak lagi. 


Tenun Donggala 
Dalam perkembangannya kriya meliputi karya dari bahan : 
  1. Tanah
  2. Batu
  3. Kain
  4. Logam
  5. Kayu
  6. Kertas
  7. Limbah
  8. Kulit
  9. Bahan alam lainnya 
Teknik yang digunakan dalam kriya adalah manual tanpa mesin seperti halnya yang sering digunakan dalam seni rupa murni. Dalam prosesnya kriya menekankan pada ketrampilan tangan dan kreatifitas si pembuatnya. Inilah yang menjadikan kriya mempunyai nilai jual lebih tinggi dari benda-benda yang dibuat dengan mesin. 


Kreasi Kulit Telur 
Sesuatu bisa dikatakan sebagai seni kriya jika memenuhi unsur-unsur sebagai berikut : 

1. Keamanan. 
Jika benda hasil karya seni ini digunakan, maka orang yang memakainya akan aman. 

2. Kenyamanan
Kenyamanan di sini tentu saja berkaitan dengan penggunaannya. Ketika kriya ini nantinya digunakan, maka benda seni ini mempunyai nilai praktis yang tinggi, atau tidak menyulitkan orang yang menggunakannya. 

3. Fleksibilitas. 
Sebuah benda seni bentuknya harus sesuai dengan kegunaannya dan mudah dipakai. 

4. Estetika/ Keindahan 
Keindahan tentu saja merupakan hal yang harus ada dalam sebuah benda seni. Benda yang dibuat haruslah enak dipandang dan indah sehingga orang akan tertarik untuk membelinya dan menggunakannya. 


Rangkaian Bunga Dari Kulit Jagung



0 komentar:

Posting Komentar